On Travel, Special Events

Escaping Winter: The 10th Panama Jazz Festival!

Salah satu hal terbaik ketika kita mengunjungi suatu negara adalah ketika waktu itu juga terdapat acara spesial. Dan saya beruntung mengunjungi Panama ketika ada Panama Jazz Festival. Yay!

Saya bukan penggemar jazz yang sebegitunya sih, tapi saya menikmati aja mendengarkan musiknya. Dan walaupun saya belum pernah denger panamanian jazz itu seperti apa, sumpah saya tidak nyesel datang kesini. Acaranya oke bangeeet dan musik juga lagunya keren-keren.

IMG_1971

Saya dan teman saya juga temen-temennya datang pada hari penutupan PJF. Seharusnya acara mulai dari jam satu tapi kami molor baru datang jam lima sore. Nggak beruntungnya karena ketinggalan penyanyi-penyanyi yang oke. Beruntungnya karena tidak perlu berpanas-panas ria. Berbeda dengan Jazz Festival di Indonesia yang kebanyakan di indoor dan berbayar, penutupan PJF gratis dan terbuka untuk umum. Kerakyatan banget deh. Cuma ya itu, diadainnya di lapangan terbuka dan bawa kursi sendiri kalau mau sampai malam. Otherwise, kita dlongsoran pake tiker;p

IMG_1972IMG_1974

Satu hal yang menarik dari acara ini adalah ketika antri masuk yang sangat bejibun dan panjang kayak ngantri mau naik Eifel. Ternyata mereka punya kebijakan antrian cewek disendirikan dan didahulukan jadi nggak perlu antri panjang deh. Haha. Udah gitu untuk acara gratis ini, kami dapat buku panduan yg oke pula. Kondisi di lapangan kayak gini nih kira-kira.

IMG_1982

Saya sendiri langsung tenggelam melihat performance dari panggung utama. Entah kenapa saya sangat suka performance dari New England Music Conservatory. Nggak tahu juga itu siapa yang nyari sebenarnya (foto bawah kiri). Tapi bikin pengen nonton mereka di Boston. Ahaha.

IMG_1978 IMG_1979

Menjelang malam, semakin banyak orang yang datang. Penuh semua lapangan karena orang-orang pengen melihat Ruben Blades yang katanya adalah penyanyi nomer satu di Panama. Wah, beruntungnya saya. Walopun harus dibela-belain antri toilet yg sangat geje di pinggir lapangan nggak papa lah. Dia berkolaborasi dengan Danilo Perez sang director acara ini dan paduan all various artis yang menamakan diri mereka Big Band. Ada dari Berklee College of Music, New England Conservatory, Conservatorio de Musica de Puerto Rico dan lain -lain. Danilo Perez sendiri sepertinya sangat disegani. Ketika dia memberikan petuah di akhir acara, semua orang sangat mengaguminya. Viva Panama!

IMG_1986

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 10 other followers

