Contemporary Issues, Latest

Kamboja: Antara Citra dan Kenyataan

Tahun 2012 ini, Kamboja menjabat sebagai ketua tahunan ASEAN. Jika ditinjau dari segi substansi, posisi ini sebenarnya kurang berperan bagi perkembangan ASEAN mengingat masa jabatannya yang harus berganti setiap satu tahun sekali. Meskipun demikian, bagi negara yang sedang menjabat, menjadi ketua ASEAN adalah kesempatan yang berharga sekali untuk meningkatkan citra dan perannya di kancah internasional dan kemudian mengambil keuntungan dari kerjasama internasional tersebut untuk kepentingan dalam negerinya. Vietnam dan Indonesia telah membuktikannya dua tahun terakhir dimana keketuannya di ASEAN mampu mendorong perekonomian dalam negeri di Vietnam serta meningkatkan citra kepemimpinan (leadership) bagi Indonesia.

Tahun ini pun Kamboja hendak memanfaatkan kesempatan yang ada semaksimal mungkin selama menjadi ketua ASEAN. Selama ini sedikit sekali negara bahkan di Asia Tenggara sendiri yang mengenal Kamboja. Negara ini selain terletak landlock di daratan Asia Tenggara bersama dengan negara tertinggal lainnya, memang sangat jarang terdengar beritanya karena kondisi domestik yang masih dalam tahap membangun setelah bertahun-tahun diterpa perang saudara, invasi negara tetangga dan pemerintahan yang autokratik. Saat inipun Kamboja masih tergolong negara miskin, bahkan lebih miskin daripada Mongolia dan El Salvador dengan tingkat korupsi yang tinggi dan tingkat kebebasan politik yang sangat rendah. Tidak heran jika Kamboja sangat menyambut baik penyerahan kepemimpinan ASEAN dari Indonesia akhir tahun lalu.

Salah satu agenda yang akan ditangani Kamboja selama menjabat tentulah konflik perbatasannya dengan Thailand. Meskipun tidak membawa isu ini pada pertemuan para menteri minggu lalu, Kamboja mencoba menunjukkan niat baiknya menyelesaikan konflik dengan meminta Indonesia sebagai pihak yang netral untuk mengawasi perbatasan kedua negara. Kamboja juga bergerak lebih jauh lagi diluar ASEAN yang ditandai dengan pengajuannya sebagai anggota tidak tetap dewan keamanan PBB. Kamboja merasa selama ini telah menjadi anggota PBB yang baik yang terbukti dengan penanganan konflik di Kamboja dalam kerangka yang ditentukan PBB.

Meskipun demikian, usaha pencitraan di kancah internasional ini tidak dibarengi dengan perbaikan kondisi dalam negeri. Sangat ironis ketika pemerintah Kamboja berjuang keras untuk memenangkan kasus perbatasan dengan Thailand atas nama warga Khmer, ternyata di dalam negeri banyak sekali kasus relokasi warga secara paksa demi pembangunan proyek dengan pihak swasta. Selain kasus baru-baru ini di Borei Keila yang memindah paksa ribuan warga karena akan dibangun proyek oleh Phan Imex, protes warga terkait kasus pemindahan paksa terjadi juga di Boeung Kak dan Dey Krahorm. Terkait dengan upaya Kamboja menjadi anggota tidak tetap DK PBB, juga ironis melihat bagaimana pelanggaran hak asasi manusia masih banyak terjadi di Kamboja. Banyak kasus pembantaian massa pada periode Khmer Merah 1975-1979 yang masih belum tersidangkan secara total. Bahkan ketika Kamboja mengaku dirinya sebagai anggota PBB yang baik, Kamboja baru-baru ini menolak penunjukan Laurent Kasper-Ansermet untuk menggantikan Siegfried Blunt sebagai hakim penyelidikan kejahatan perang periode Khmer Merah. Siegfried Blunt mengundurkan diri tahun lalu karena intervensi pemerintah dalam penyelidikan kriminal yang dilakukannya.

Dengan ironi antara pencitraan yang hendak dibangunnya di luar negeri dan kenyataanya di dalam negeri ini lah banyak pihak yang meragukan keberhasilan Kamboja baik di ASEAN maupun dalam pencalonannya di DK PBB. Beberapa bahkan menyatakan Kamboja mungkin berhasil menjadi anggota tidak tetap DK tetapi itu hanya karena semua orang kasihan. Seharusnya kesempatan lebih dapat dimanfaatkan Kamboja tidak hanya untuk pencitraannya saja tetapi juga untuk perbaikan dan demokratisasi di dalam negerinya.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 10 other followers

%d bloggers like this: