Latest

Welcome 2012!!!

Haha, ini mungkin blog tahun baru paling telat yang pernah ada. But you know, sometimes we need time for internalizing the meaning of new year rather than taking for granted January 1st without deep understanding what it really means for us.

So, after days of lying on my own bed for having sorethroat (thanks for the extreme wheather lately), saya benar-benar bersungguh-sungguh untuk memegang teguh prinsip tahun baru saya yaitu ‘makan banyak, berolah raga banyak, bersenang-senang banyak dan berdoa banyak!’ Haha. Sepertinya menyenangkan.

Well, sebagai orang asia, saya sangat percaya bahwa bahwa kunci kebahagiaan hidup adalah keseimbangan. Dalam Islam pun tuhan selalu mengajarkan prinsip keseimbangan ini dengan memerintahkan kita misalnya untuk tidak berlebih-lebihan dalam hal apapun. Agar kita mengimbangi kehidupan dunia dengan kehidupan akhirat dan agar kita menafkahkan dari setiap rezeki yang kita dapat. See, everything should be balance!

Jadi mari kita makan yang banyak tapi juga berolahraga yang banyak dan mari kita bersenang-senang yang banyak tapi juga berdoa yang banyak. ^^

Why we should eat more?

Seorang dosen saya pernah bertanya pada saya “apa yang kamu lakukan dengan temanmu ketika senggang?” Karena waktu itu saya memang sedang hobi berburu kuliner dengan teman saya, saya menjawab “kuliner pak”. Kemudian beliau menimpali “ Wah, hobi makan ya. Baguslah. Orang yang hobi makan itu adalah ciri orang yang bisa menikmati dunia, orang yang berbahagia”.

 Agak lama saya mencerna logika kalimat tersebut. Tapi dari perspektif orang kurus yang susah makan seperti saya, perkataan tersebut ada benarnya. Sejak kecil saya sangat dimanja kalo urusan makanan sehingga saya tumbuh jadi anak yang susah makan dan sangat pilih-pilih. Akibatnya hanya sedikit makanan yang bisa saya makan dengan enak. Saya melewatkan banyak makanan yang sebenarnya sangat nikmat untuk disantap dalam hidup saya yang hanya sekali ini. Parahnya lagi karena yang terlewat tersebut kebanyakan makanan sehat, saya pun jadi gampang sakit. Apalagi nanti kalo sudah tua kan. Belum bayi kita nanti.

 Jadi saya sangat termotivasi sekali sekarang ini untuk eat more. So may be you too.^^

 Then why should we exercise more?

 Prinsip keseimbangan berlaku disini. Anda boleh makan banyak tapi ingat anda juga harus olahraga banyak supaya makanan kita tidak mengendap jadi lemak dan bentuk tubuh kita terjaga. Begitu juga dengan daya tahan tubuh kita. Pengamatan saya menunjukkan orang yang berolahraga itu:

  1. Auranya lebih fresh dan ceria
  2. Lebih dapat melaksanakan kegiatan seharian
  3. Lebih awet muda.

Percaya atau tidak tapi jika Anda olahraga bentuk tubuh dan stamina anda tidak hanya terjaga selama seharian tapi sampai Anda tua nanti. Saya melihat guru tari saya juga instruktur senam saya perut mereka tetap terlihat kencang walaupun mereka sudah melahirkan berkali-kali. Proses melahirkannya pun katanya lebih mudah karena terbiasanya mereka melakukan latihan perut. Mupeng kan? ^^

 Happy more

Kemarin ketika sesi konsultasi dengan dokter saya bertanya, “Dok, kenapa saya lama sembuh ya padahal saya sudah makan teratur dan minum obat”. Pak Dokter pun tersenyum, “Makan teratur itu mudah mbak. Yang sering mbaknya lupa itu adalah mengelola stres”.

Yup, faktor yang sering dilupakan dalam kesehatan seseorang adalah kesehatan pikiran. Pernah kan melihat orang sakit perut padahal ketika diperiksa tidak ada yang salah dengan pencernaannya? Belakangan diketahui ternyata dia nervous mau ujian. Begitu juga dengan cewek yang sering ngeluh kenapa terlambat datang bulan dan ternyata lagi-lagi karena dia stres.

Well, seperti yang teman saya tulis baru saja di note fb nya, nggak perlu kita bertanya-tanya kenapa kita dilahirkan ke dunia..anggap saja itu anugerah jadi nikmati saja lah. Life is only once, ketika Anda menunggu kapan kebahagiaan itu datang itu akan sangat lama sekali, jadi putuskanlah untuk berbahagia sekarang. Mari kita bersenang-senang!^^

But Remember To Pray More

Apapun yang telah kita usahakan, Tuhan lah yang menentukan. Jadi ketuklah pintu Tuhan dengan berdoa yang banyak agar apapun yang kita minta dikabulkan. Agar hidup kita selamat dunia akhirat. ^^

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 10 other followers

