On Football

Piala AFF 2010: Indonesia vs Malaysia

wow, wow, wow!

 Sepertinya tiga kata ini yang paling tepat menggambarkan ekspresi saya saat ini tepat setelah melihat pertandingan besar antara Indonesia melawan Malaysia dalam ajang Piala AFF 2010 ini. Ya bagaimana tidak, Indonesia menang telak 5-1 dengan permainan yang sangat memukau dan itu terjadi ketika melawan Malaysia!haha, menyenangkan sekali. Tapi baiklah sama menghighlight permainannya secara detail dari awal saja.

Bagi para pembaca yang belum tahu, pertandingan Indonesia-Malaysia selalu menjadi satu pertandingan yang sangat dinanti mengingat pertandingan ini tidak hanya sekadar pertandingan olah raga tetapi sebuah miniatur atau refleksi hubungan kedua negara yang sering didominasi oleh konflik mulai itu dari konflik ganyang Malaysia, konflik sengketa perbatasan dan pulau-pulau di sekitarnya, konflik klaim budaya dan kasus penyiksaan TKI. Tidak heran jika kemudian sentimen yang muncul di lapangan tidak hanya menyangkut menang atau kalah dalam olah raga tetapi juga tentang apa yang mereka sebut sebagai ‘harga diri bangsa’.

Pada awalnya, saya jujur agak khawatir dengan jalannya permainan mengingat pertandingan dilaksanakan di Indonesia yang notabene pendukung sepak bolanya tergolong cukup anarkis. Dan memang ketika awal pemain Malaysia diberi kesempatan untuk menyanyikan lagu kebangsaan, para pendukung Indonesia langsung berteriak ‘huuuuuuuuuuuuuuuuuu’ keras sekali sampai lagu itu berakhir. Sumpah dalam hati saya cuma bisa bilang ‘sabar ya mas’. Saya malah takutnya kalo kita udah heboh gini di lapangan, eh ujung-ujungnya kalah..haduh,,bisa mberek-mberek itu. Dan ternyata ketakutan saya semakin terlihat nyata ketika pada awalnya Indonesia sudah terlihat menyerang, tapi kemudian lengah dan terjadi serangan balik yang membuat Malaysia berhasil menyarangkan gol di gawang Markus Horizon. Untungnya, the rest of the story is Indonesia’s victory=)

Bermain dengan formasi yang cukup baru dan fresh dengan kedatangan dua pemain baru naturalisasi yang sangat berpotensi , yaitu Irfan Haary dan Christian Gonzalez, Indonesia terlihat lebih menyerang dan dinamis di lini depan. Hal ini didukung oleh lini tengah yang dikawal oleh M.Ridwan dan terlihat cukup disiplin membantu penyerangan. Hasilnya serangan yang membuat pemain Malaysia gol bunuh diri ke gawangnya sendiri. Well, bukan prestasi yang menyenangkan memang untuk Indonesia, tapi nggak papa lah. Toh setelah itu ternyata Christian Gonzales yang kalo saya tidak salah pernah menjadi pemain terbaik di Indonesia akhirnya berhasil membuat Indonesia unggul sebelum turun minum. Haaa, 2-1 saja saya sudah bersyukur, jadi tidak masalah kalo mereka bermain defensif. Stamina mereka sudah menurun sepertinya. Meskipun demikian pelatih Alfred Riddle mengetahui strategi yang bagus dengan menurunkan Arif Suyono. Well, jujur, ketika dia masuk lapangan dan bertepuk tangan, saya dan teman saya sempat krik-krik karena dia terlihat sangat culun banget. Cuma nggak nyangka banget bagitu dia masuk, pergerakannya cepat dan langsung melesakkan gol ke gawang Malaysia. Oh wow!!! Setelah itu, Indonesia membuat banyak peluang hingga perbandingan shot jomplang 18:7. Meskipun demikian belum ada gol baru yang berhasil dibuat. Irfan Haary yang sangat diharapkan, meskipun dia bermain sangat impresive (well, indeed he looks impressive too), belum berhasil membuat satu gol untuk Indonesia. Begitu juga Bambang Pamungkas yang baru dimasukkan lima menit menjelang permainan selesai. Surprisingnya, tim Indonesia benar-benar mendedikasikan permainan ini untuk negaranya dan menutup additional time dengan gol indah dan itu dari Irfan Haary! Oh, God, lengkap sudah kemenangan kami. 5-1 dengan semua pemain berkontribusi dengan baik dan pertandingan berjalan fair dan damai. Above all, Thailand vs Laos di pertandingan lain bermain imbang sehingga Indonesia memimpin klasemen grup A Piala AFF! Go Indonesia =)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 10 other followers

%d bloggers like this: