Special Events

Gamelan Explorations in Yong Siew Toh

Wah, sepertinya sudah lama ya saya tidak ngeblog. Bukannya hari-hari yang saya lalui tidak menarik. Banyak hal menarik yang saya lalui, termasuk juga kesibukan saya, cuma karena lebih banyak pengalaman personal, jadi mungkin disimpan untuk kalangan internal kali ya. wuss.haha.

Meskipun demikian, satu hal yang saya lakukan beberapa minggu ini dan mungkin juga sudah sempat saya sebutkan di post sebelumnya adalah bermain gamelan. Sudah lama sekali saya pingin belajar orchestra Indonesia ini. Cuma semester kemaren pas mau daftar UKM gamelan ternyata sudah kelewatan, jadi ujung-ujungnya meneruskan kegemaran saya nari. Makanya, ketika diberitahu teman ada gamelan jawa Singa Nglaras dan gamelan Bali Gita Buana di NUS, saya asal ikut aja. Jujur, kita sedikit mengacau karena kita bener-bener baru dan mereka dalam persiapan konser, tapi finally dapat mengikuti dan dengan sedikit tidak pede, ikutan perform. Jadi disinilah saya hari ini: Gamelan Explorations.

Pertunjukkan sederhana di Yong Siew Toh Conservatory of Music ini lumayan sukses. Mengambil tempat di Orchestra Hall lantai 3, performance dibagi menjadi dua tahap, Gamelan Jawa dan Gamelan Bali. Gamelan Jawa menampilkan beberapa piece seperti Okrak-Okrak, Kutilang dan beberap piece lagi yang saya lupa  judulnya. Menariknya di bagian ini juga dilengkapi dengan dua tarian khas solo. Satu hal lucu yang saya ingat adalah ketika Xinwei menjatuhkan bunga mawar yang seharusnya dia kasih ke Sherina..ahaha

Gamelan Balinya tidak kalah saru dong. Meskipun kami hanya menampilkan dua pieces, tari gabor dan ujan mas, menurut saya penampilan kam menarik. Entahlah, kalo dalam hal tari dan gamelan saya lebih memilih Bali dari Jawa (meskipun saya belajar tari jawa). Soalnya musik dan tarian Bali energetic dan berani. Jadi berniat lanjut tari bali sehabis pulang ke Indonesia. Karena temanya adalah introduction, jadi terdapat penjelasan mengenai kedua orkestra ini dalam rangkaian acaranya. Yah, pengalaman berharga lah buat saya. Valuable thing in this very short exchange time =)

 

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 10 other followers

