Other Scratches

HI UGM vs NUS

Ada hal lucu ketika saya mengikuti tutorial pertama saya di NUS. Jadi, saya mengambil mata kuliah Singapore, Asia, and American Power di Departement of Southeast Asian Studies. Alasannya simpel, modul tersebut adalah satu-satunya modul yang paling HI di departemen ini. Haha. Akhirnya tanpa berpikir panjang saya mengikuti kelas ini hingga sekarang.

Hal lucu pertamanya adalah saya baru menyadari kemaren bahwa modul ini level 1, yang tidak lain adalah modul untuk mahasisw tahu pertama. Pantas saja yang ikut banyak dan cukup mudah diikuti. Hehe, bener-bener ecek-ecek banget kuliah saya disini. Udah yang satu musik yang satu lagi modul level 1.

Lebih lucu lagi ketika saya tadi hadir di tutorial pertama. Di pertemuan awal ini, kita diminta untuk mengenalkan diri dan menjelaskan apa yang kita harapkan dengan mengambil modul ini. Saya pikir saya akan mendengarkan alasan-alasan yang biasa diungkapkan teman-teman HI saya di Universitas terdahulu. Tapi ternyata ada dua alasan yang membuat saya “gubrak”.

Pertama, anak-anak dari jurusan e-commerce, CNM dan jurusan di FASS lainnya rata-rata menyebutkan bahwa dirinya mengikuti kelas ini karena suka sekali dengan budaya AS. Kedua anak-anak diluar FASS, yang biasanya dari Engineering (wow saya sekelas dengan anak teknik..haha) rata-rata mengikuti kelas ini karena tidak ada pilihan lain.

Well, quite interesting.

Jadi, FYI, di NUS, setiap mahasiswa tidak peduli jurusannya apa, wajib mengambil satu mata kuliah tentang Singapore. Tidak heran jika banyak mahasiswa teknik atau science yang nyasar di kelas saya. Buat saya bagus juga sih, mewajibkan mahasiswanya tahu sejarah negaranya sendiri. daripada kami di UGM harus mengikuti Kewarganegaraan.

Cuma yang saya tidak suka dan dalam hal ini saya lebih memilih sistem di HI UGM adalah soal pengklusteran jurusan. Di FASS, sejak basic, mahasiswa sudah dibagi berdasar kawasan dan subjek. Jadi ada Departemen Asia Tenggara, Departemen Asia Selatan, ada Departemen Ilmu Politik yang memiliki tiga major (HI, Eropa, dll). Menurut saya sistem ini kurang terstuktur dalam artian mahasiswa tidak memiliki basic knowledge yang jelas yang diperlukan untuk menganalisa suatu kawasan atau suatu topik. Saya mengikuti modul level 4 (tahun terakhir dan honor students) dimana saya masih harus mengulang penjelasan realism, idealism dll hanya karena mahasiswanya berasal dari studi Eropa yang minor di HI atau tidak mengambil HI sama sekali. Hal ini tentu sangat berbeda dengan HI UGM dimana di Jurusan HI kami wajib mengambil mata kuliah dasar dan teori sebelum akhirnya kami dipecah dalam topik dan kawasan tertentu. Dengan sistem ini, kami dimudahkan untuk menganalisa topik dan kawasan yang kami minati karena kami punya basic-nya.

Well, afterall, setiap sistem memiliki kelebihan dan kekurangan. Im opened to every lesson from my experience here =)

Discussion

3 thoughts on “HI UGM vs NUS

  1. Kak, tolong jelasin donk.. Jadi jurusan HI di NUS itu gak seperti di indonesia yaaa yg emang ada departmentnya gitu. Soalnya kurang ngerti. Tolong yaaa

    Posted by alisa | January 21, 2012, 2:20 am
    • Halo Alisa!
      Iya, di NUS HI belum jadi departemen sendiri, HI masih merupakan program yang bisa diambil sebagai major seperti halnya eropa dibawah departemen ilmu politik. Kalo kamu majornya HI ya kamu akan belajar HI aja sementara kalo kamu ambilnya major eropa kamu bener2 hanya akan belajar Eropa (bukan HI di Eropa lho ya). Kemaren disana saya ambil mata kuliah level 4 yaitu European Foreign Policy (mata kuliah untuk skripsi) yang bisa diambil oleh mahasiswa senior baik dari major HI maupun dari major eropa. Karena yang major HI tidak mendapatkan teori tentang studi eropa dan wawasan ttg eropa secara mendalam sementara yang studi Eropa juga tidak mempelajari teori HI yang juga penting dalam mempelajari Eropa, Jadi ketika di awal kuliah mesti refresh lagi teori2 dasar di HI dan di studi Eropa. gitu. Alisa berencana kuliah di NUS?

      Posted by bela pertiwi | January 24, 2012, 2:28 am
  2. Masih belum ngerti kak, HI sendiri apaan ya?😀 hehe

    Posted by Villiana Putri | April 27, 2013, 8:18 am

Leave a Reply

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 10 other followers

