Special Events

Festival Wayang Wong Gaya Yogyakarta 2009

Setelah semalam menyaksikan petunjukan yang lebih universal, kini saatnya kembali ke pertunjukkan klasik khas yogyakarta.

Seharian kemaren, saya dipusingkan untuk memilih nonton bareng premier 2012 ato wayang wong. Karena saya pikir saya bisa menonton 2012 besok-besok, saya akhirnya memilih nonton wayang wong yang notabene juga gratis..hehe

Selama tiga hari ini, di nDalem Yudhaningratan digelar acara festival wayang wong gaya yogyakarta 2009 yang mempertandingkan kebolehan beberapa grup kesenian di yogyakarta dalam seni wayang wong.

Bagi yang belum mengetahui seni pertunjukkan wayang wong, wayang wong adalah seni teater tradisional Jawa yang merupakan gabungan antara seni drama yang berkembang di barat dan pertunjukkan wayang yang berkembang di Jawa. Cerita wayang wayang wong ini sendiri diambil dari cerita-cerita klasik wayang Purwa. Meskipun pada awalnya, pertunjukkan yang diciptakan oleh Mangkunegara I ini hanya terbatas dikalangan Kraton, pertunjukkan ini semakin merakyat terutama setelah tahun 1900an.

Dalam Festival Wayang Wong Gaya Yogyakarta 2009 yang digelar semalam, baru dua grup kesenian yang mempertunjukkan kebolehannya. Salah satunya adalah Yayasan Pamulangan Beksa Sasminta yang menampilkan kisah cinta segitiga antara Gandari, Detrarastra, dan Pandu. Alkisah, Pandu pulang dari Mandura membawa Kunthi sebagai hadiah Sayembara. Ditengah perjalanan rombongan ini dihadang oleh Gendara Raja Plasajenar yang terlambat mengikuti sayembara. Dalam perang singkat ini, sang Raja meninggal dan menitipkan adiknya Gendari dan Sengkuni kepada Pandu. Oleh Pandu, ketiga wanita yang dibawanya ini dihadapkan kepada kakaknya Detrarastra untuk dipilih sebagai istri. Sang kakak memilih menikah dengan Gendari yang pada dasarnya menyimpan hati kepada Pandu. Pernikahan keduanya menghasilkan putra-putra yang dikenal dengan kurawa sementara Pandu yang menikah dengan dua wanita lainnya menghasilkan keturunan yang kelak dikenal dengan Pandawa. Menurut cerita, kedua keturunan ini tidak bisa akur dan saling berperang satu sama lain.

Secara keseluruhan pertunjukkan ini lumayan seru, terlebih kalo kita bisa mengerti cerita yang hendak disampaikan (tapi sayangnya nggak..hehe, cuma ngerti dikit karena ada kamus dibelakangnya..hoho). Tariannya juga bagus (membuatku mupeng aja). Wish to watch it next time.

Discussion

6 thoughts on “Festival Wayang Wong Gaya Yogyakarta 2009

  1. pengeeeen nontoonnn…………

    Posted by Nova Imoet | November 14, 2009, 4:21 am
  2. Halo Nova! Iya, nonton aja, hari ini terakhir lho🙂

    Posted by belarusia | November 14, 2009, 5:04 am
  3. bela..bisa minta kontak telepon gak, saya Agung Wredho, Wartawan Koran Jakarta. (bisa cek di http://www.koran-jakarta.com. saya pingin wawancara tentang kepedulian generasi muda terhadap warisan budaya bangsa (wayang).

    Posted by agung wredho | November 19, 2009, 6:29 am
  4. Halo mas agung!
    waduh, emang di situs itu ada daftar wartawannya ya..hehe
    saya memang senang dengan berbagai kekayaan budaya bangsa yang kadang dipandang sebelah mata oleh generasi sekarang..tp saya sadarnya tergolong baru mas..apalagi soal wayang..tapi kalo memang saya bisa bantu, boleh deh kita ngobrol..

    Posted by belarusia | November 20, 2009, 9:55 am
  5. Kongres Organisasi Pekerja Rumah Tangga (KOY) bekerja sama dengan Rumpun Tjoet Njak Dien (RTND) dan Gabungan Teater Yogyakarta (GTY) akan menyelenggarakan Festival dan Pentas Teater Pekerja Rumah Tangga 2009 pada hari Sabtu, 12 Desember 2009 bertempat di Taman Budaya Yogyakarta.

    Rangkaian acara :
    1. Festival Teater PRT, pukul 08.00 – 17.00 WIB
    2. Pentas Teater PRT dan Gabungan Teater Yogyakarta, pukul 19.00 – 21.00 WIB (untuk umum – HTM Rp 10.000,-).

    Pentas Teater Pekerja Rumah Tangga 2009 ini akan dimeriahkan oleh:
    1. Yu Beruk
    2. Liek Suyanto (Bengkel Teater)
    3. Artis Gabungan Teater Yogya.

    Harga Tiket Masuk: Rp. 10.000,-

    Tiket bisa didapatkan langsung pada hari H dan di Kantor Rumpun Tjoet Njak Dien
    Perum Wirosaban Barat Indah No. 22 Umbul Harjo Yogyakarta
    Kontak Person: Mbak Nana (0274 – 6671391)

    Posted by RTND | December 8, 2009, 6:59 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 10 other followers

%d bloggers like this: