Contemporary Issues

Akankah AS Mengulang Kegagalan Soviet di Afganistan?

Baru-baru ini terjadi suatu ketegangan di Gedung Putih terkait dengan kebijakan luar negeri Amerika Serikat di Afganistan. Presiden terpilih, Barack Obama, mengalami tekanan dalam memutuskan penambahan pasukan AS di Afganistan. Selain dukungan konggress yang menurun, popularitas Obama pun berkurang akibat kebijakannya ini. Jajak pendapat yang dilakukan pada tanggal 11-13 September dan melibat 1012  warga AS ini menunjukkan 58 persen responden menentang perang dan hanya 38 persen yang mendukung. Poling ini diperparah dengan dukungan di Eropa yang juga semakin kehilangan antusiasme terhadap perang yang sama sekali belum kelihatan hasilnya ini.

Sampai sekarang, Amerika Serikat telah menurunkan 67000 pasukannya yang didampingi oleh 40000 pasukan sekutu. Kontroversi muncul ketika Obama berencana menambah30000 pasukan dalam waktu dekat untuk mengatasi gejolak konflik di Afganistan yang semakin parah. Meskipun jumlah ini kurang dari yang disarankan Jendal Stanley McChrystal, komandan pasukan AS di Afganistan, yaitu 40000 pasukan, rencana Obama ini menimbulkan kritik di berbagai kalangan. Sebagian besar meminta Obama menarik semua pasukannya karena kondisi di Afganistan semakin parah. Keberhasilan tampak masih sangat jauh sementara semakin banyak pasukan yang tewas akibat bom bunuh diri yang sekarang sangat marak terjadi di negara tetangga Pakistan itu. Terlebih sejarah membuktikan pasukan yang banyak bukan jaminan keberhasilan. Kita bisa melihat kembali usaha sama oleh Soviet pada akhir dekade 1980an yang akhirnya menyerah kalah dan mundur pada tahun 1989. Alam Afganistan yang keras dengan gunung dan tebing-tebing  tinggi diikuti oleh sikap nekat para pejuangnya terbukti mampu mengalahkan pasukan Soviet yang jumlahnya jauh lebih besar dibandingkan dengan para pejuang lokal tersebut. Michael Gorbachev, mantan Presiden Soviet yang memimpin penarikan mundur pasukannya, juga menyatakan hal senada. Barack Obama sebaiknya belajar dari Uni Soviet. Penambahan pasukan bukanlah solusi. Obama sebaiknya memusatkan perhatian pada perundingan di Afganistan untuk mengakhiri penderitaan panjang rakyat di negara tersebut. Gorbachev mengatakan semua usaha Obama juga telah dijajakinya dulu, namun Soviet akhirnya memilih untuk mundur, meskipun hal ini dianggap sebagai kekalahan oleh banyak pihak.

Sangat menarik mengamati kebijakan apa yang akan diambil Obama ditengah tekanan bertubi-tubi ini. Obama yang diawal kampanyenya menekankan pada perang terhadap terorisme dan perhatian pada Afganistan tentu tidak akan mundur begitu saja. Apalagi untuk mengikuti kebijakan negara bekas saingan utamanya tersebut. Namun demikian disisi lain, Obama juga harus memperhatikan opini publik yang menentang perang. Terlebih dia akan menghadapi pemilu tengah musim tahun depan.

Terlepas dari semua itu, sepertinya Afganistan benar-benar tangguh dan berhasil membuat dua negara superpower kewalahan. Apakah AS akan mengulang kegagalan Soviet?

(teman-teman diskusiin yuk..klo disetujui sih)

Sumber:

http://internasional.kompas.com/read/xml/2009/11/09/22005590/belajarlah.dari.pengalaman.uni.soviet

http://internasional.kompas.com/read/xml/2009/11/09/05290191/Pilihan.Terbatas.bagi.Obama..

http://internasional.kompas.com/read/xml/2009/11/09/03152776/rakyat.inggris.makin.tak.percaya.tentaranya.menang.di.afganistan

Discussion

2 thoughts on “Akankah AS Mengulang Kegagalan Soviet di Afganistan?

  1. ini buat bulan depan aja ya.. tapi udah basi kali ya.. =P

    Posted by Timur Girindra Wardhana | November 16, 2009, 1:02 pm
  2. wadoh, mksudna buat diskusi bulan depan??sekarang aja nggak disetujui, makanya kemaren akhirna bahas colombia-venezuela..huhu, padahal ini seru..tp klo mau dibikin skripsi rawan, soalna masih jalan..mur, masih kepikiran multihead T_T

    Posted by belarusia | November 17, 2009, 9:31 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 10 other followers

%d bloggers like this: